ADUQ BANDAR POKER BANDAR66

Manfaatnya Konsumsi Minyak Ikan

PALAPAQQ : Manfaatnya Konsumsi Minyak Ikan – Minyak ikan adalah lemak atau minyak yang di ekstrak dari ikan. Umumnya, jenis ikan yang di gunakan adalah golongan ikan berminyak, seperti herring, tuna, teri, dan mackerel. Namun, kadang-kadang bisa juga di hasilkan dari hati ikan lain, seperti halnya minyak hati ikan kod.

Mengonsumsi 1 hingga 2 porsi ikan per minggu dapat memberikan asupan asam lemak omega-3 yang menjadi kebutuhan tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan. Namun, jika kamu tidak makan 1 hingga 2 porsi ikan per minggu, maka sebagai penggantinya, konsumsi minyak ikan dapat membantu kamu mendapatkan asupan omega-3 yang di butuhkan. 

Menjaga dan Mendukung Kesehatan Jantung

Studi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi minyak ikan, maka ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Berbagai faktor risiko penyakit jantung tampaknya dapat dikurangi dengan konsumsi ikan atau minyak ikan. Manfaat minyak ikan untuk kesehatan jantung, antara lain:

  • Meningkatkan kadar kolesterol HDL.
  • Menurunkan trigliserida sekitar 15–30 persen.
  • Mengonsumsi minyak ikan dalam dosis kecil pun dapat membantu mengurangi tekanan darah pada orang dengan level tinggi.
  • Mencegah plak yang menyebabkan arteri mengeras, serta membuat plak arteri lebih stabil, dan lebih aman pada mereka yang sudah memilikinya.
  • Dapat mengurangi kejadian aritmia yang fatal.

Membantu Mengobati Gangguan Mental Tertentu

Otak terdiri dari hampir 60 persen lemak, dan sebagian besar lemak ini adalah asam lemak omega-3. Oleh karena itu, omega-3 sangat penting untuk menjalankan fungsi otak yang normal. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gangguan mental tertentu memiliki kadar omega-3 yang lebih rendah dalam darah.

Penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat mencegah timbulnya atau memperbaiki gejala beberapa gangguan mental. Misalnya, dapat mengurangi kemungkinan gangguan psikotik pada mereka yang berisiko. Konsumsi minyak ikan juga dapat mengurangi beberapa gejala skizofrenia dan gangguan bipolar.

Menurunkan Berat Badan

Obesitas dapat secara signifikan meningkatkan risiko penyakit lain, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Suplemen minyak ikan dapat memperbaiki komposisi tubuh dan menurunkan faktor risiko penyakit jantung pada orang dengan obesitas. 

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan yang dikombinasikan dengan diet atau olahraga, dapat membantu menurunkan berat badan secara optimal.

Mendukung Kesehatan Mata

Seperti halnya otak, kesehatan mata juga bergantung pada lemak omega-3. Orang yang tidak mendapatkan cukup omega-3 memiliki risiko lebih besar terkena penyakit mata. Selain itu, kesehatan mata mulai menurun di usia tua, yang dapat menyebabkan degenerasi makula terkait usia. Konsumsi ikan dapat menurunkan risiko gangguan kesehatan mata, termasuk juga konsumsi suplemen minyak ikannya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *