BERITA UNIK

Bagaimana Cara Hiu Beristirahat Ketika Harus Berenang Sepanjang Hidupnya

Bagaimana Cara Hiu Beristirahat Ketika Harus Berenang Sepanjang Hidupnya

Bagaimana Cara Hiu Beristirahat Ketika Harus Berenang Sepanjang Hidupnya

KORANPALAPA, Bagaimana Cara Hiu Beristirahat Ketika Harus Berenang Sepanjang Hidupnya. Hiu tidak pernah berhenti berenang sepanjang hidup mereka. Hiu harus terus bergerak untuk mengekstrak oksigen yang cukup dengan insang mereka untuk tetap hidup.

Jadi, bagaimana mereka beristirahat?

Itulah pertanyaan dan teka-teki dari banyak orang. Tetapi sekarang melalui sebuah penelitian, para peneliti akhirnya berhasil menemukan misteri itu.

Ahli biologi kelautan menemukan bahwa hiu ternyata “berselancar” dalam arus laut secara berurutan layaknya konfigurasi ban berjalan. Hal tersebut memungkinkan mereka untuk beristirahat secara bergantian.

Temuan ini terungkap ketika tim peneliti yang di pimpin oleh Yannis Papastamatiou dari Florida International University sedang mempelajari perilaku berburu malam hari hiu karang abu-abu (Carcharhinus amblyrhynchos) di Atol Fakarava di Polinesia Prancis.

Bagaimana tepatnya hiu beristirahatadalah teka-teki, sampai akhirnya Papastamatiou dan tim memperhatikan bahwa hiu berenang melawan arus naik di saluran tertentu ketika melakukan penyelaman di siang hari.

Menariknya, mereka sangat diam, hampir tidak menggerakan sirip atau ekor mereka.

“Di siang hari, mereka cukup tenang dan santai. Berenang dengan sedikit usaha, itu menarik karena arusnya cukup kuat,” jelas Papastamatiou.

Baca juga : Fenomena yang Belum Terungkap oleh Sains

Selain itu, ketika hiu berenang ke bagian depan saluran, hiu pemimpin akan meluncur ke belakang, membiarkan arus membawanya ke posisi awal.

Gerakan renang ini seperti ban berjalan yang aneh, di mana hiu akan beringsut maju melawan arus, dibawa mundur, lalu beringsut ke depan lagi.

Peneliti juga menggunakan berbagai alat untuk memeriksa gerakan hiu. Peralatan menggunakan kombinasi penanda akustik dan kamera bawah laut yang dipasang pada hiu untuk melacak dan mengamati perilaku mereka. Tim juga melakukan pengamatan di lapangan terhadap hiu.

Dengan alat-alat ini, para peneliti membuat model biomekanik untuk menghitung pengeluaran energi hiu saat berenang.

Para peneliti menemukan bahwa pergerakan hiu dapat sedikit rileks, menjaga gerakan otot menjadi seminimal mungkin. Para peneliti menyebut hiu dapat menghemat setidaknya 15 persen energi normal yang biasanya mereka habiskan.

Data pemantauan ini menjamin bahwa hiu memilih untuk berenang di arus yang bergerak ke atas saat siang hari. Ini dilakukan untuk menyesuaikan posisinya untuk meminimalkan pengeluaran energi.

Dengan informasi ini, tim berharap dapat menemukan tempat peristirahatan hiu lainnya berdasarkan pemahaman tentang arus laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *