Uncategorized

5 fobia yang mengganggu kesehatan mental, jangan abaikan!

5 fobia yang mengganggu kesehatan mental, jangan abaikan!

5 fobia yang mengganggu kesehatan mental, jangan abaikan!

KORANPALAPA – 5 fobia
Setiap orang pasti takut akan sesuatu. Tetapi ketakutan dengan fobia adalah dua hal yang berbeda. Kate Wilitzky-Taylor, anggota Asosiasi Pusat Penelitian UCLA dan Fakultas Depresi, mengatakan fobia adalah ketakutan berkelanjutan atau penghindaran rangsangan tertentu.

Seseorang mengalami fobia karena beberapa hal, dari halaman garis kesehatan, faktor genetik (DNA) dan lingkungan dapat menyebabkan fobia. Beberapa acara sedih, seperti hampir tenggelam, gigitan serangga, berada di ruangan sempit, dan ketinggian ekstrim dapat menjadi sumber fobia. Selain itu, orang yang memiliki kondisi medis tertentu juga dapat mengalami fobia.

Jika kiri, pasien fobia dapat mengalami depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya. Bahkan tidak sering, mereka juga mengalami kepanikan sosial. Tentu saja, ini tidak boleh dianggap sepele. Berikut adalah 5 contoh fobia yang dapat mengganggu kesehatan mental.

Eisoptrophobia

Eisoptrophobia adalah fobia dengan cermin, terutama bayangannya sendiri. Orang dengan fobia ini merasa mudah malu, tertekan, bahkan depresi ketika mereka terlihat di cermin.

Studi kasus tahun 2014 menjelaskan perjuangan besar seorang wanita berusia 55 tahun yang harus bertahan selama 30 tahun eisoptrofobiaobia. Itu bukan hal yang mudah, bukan?

Phonophobia

Fobia ini disebabkan oleh kekhawatiran aneh dan tidak masuk akal dalam suara-suara tertentu. Menurut penelitian sekolah ilmu kedokteran, ilmu universiti Malaysia, menjelaskan bahwa orang-orang dengan fonophobia yang mengalami ketakutan akan suara bagi orang umum adalah sesuatu yang normal, karena suara kerumunan lalu lintas, suara pintu ditutup, Kebisingan di dapur, atau percakapan keras.

Fobia ini sering ditukar dengan kondisi hiperacusis, yaitu reaksi abnormal yang kuat untuk berbunyi, tetapi suara datang dari pikiran, datang tepatnya dari bagian otak yang melakukan kebisingan.

Amathophobia

5 fobia yang mengganggu kesehatan mental, jangan abaikan!

Debu adalah musuh utama bagi orang dengan phobia ini. Dari bahasa Yunani, “amathos” berarti pasir dan “phobos” takut.

Dari laman Medicine Net, penderita amathophobia mengalami kecemasan yang berlebihan walaupun mereka menyadari jika debu tidak akan menimbulkan ancaman yang mengerikan. 

Urophobia

Ketakutan yang berlebihan untuk buang air kecil adalah penyebab otofobia. Secara umum, pasien fobia ini prihatin dengan buang air kecil secara tidak sengaja di depan umum.

Berdasarkan halaman majalah Womens Health, beberapa ahli menganggap ini jika fobia ini merupakan bentuk kecemasan sosial. Ini karena, pasien urrophole merasa mereka ingin buang air kecil saat mereka berada di sekitar orang lain (demam meriah).

Numerophobia

5 fobia yang mengganggu kesehatan mental, jangan abaikan!

Menurut halaman FEVEF, jumlah kematian membuat orang panik bahkan jika mereka hanya memikirkan perhitungan dalam kehidupan sehari-hari. Jika demikian, tentu saja, orang-orang ini percaya diri sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan dan cenderung mundur sosial.

Karena ini menyebabkan pasien mengalami fobia yang semakin parah.
Cobalah untuk menerima fakta. Perawatan intensif untuk mengatasi fobia dengan mengelola obat-obatan, teknik terapeutik atau kombinasi keduanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *