BERITA UNIK BERITA VIRAL

Harga Tanaman Hias Bisa Sangat Mahal, Ini Alasannya

Harga Tanaman Hias Bisa Sangat Mahal, Ini Alasannya

KORANPALAPA, Harga Tanaman Hias Bisa Sangat Mahal, Ini Alasannya. Tanaman hias Monstera variegata baru-baru ini ramai diperbincangkan masyarakat karena harganya yang cukup fantastis.

Seorang warga Kecamatan Banjarsari, Solo bernama Sri Hastuti (41) bahkan membeli tanaman hias tersebut dengan harga Rp 225 juta.

“Monstera ini saya dapatkan di lereng Gunung Lawu Dusun Mogol. Saya langsung ke yang punya langsung saya tawar, tak kurangi harganya tidak boleh. Ya sudah deal harganya Rp 225 juta,” kata Sri Hastuti.

Lantas apa yang membuat harga tanaman hias bisa sangat mahal?

Alasan tanaman hias mahal harganya

Ketua Laboratorium Pengelolaan Lanskap dari Jurusan Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian Institut Bogor (IPB) Prof Hadi Susilo Arifin mengatakan, faktor yang memengaruhi atau yang membuat suatu jenis tanaman menjadi populer sehingga harganya naik yakni karena adanya influencer yang mempromosikannya.

Ketika orang-orang melihat influencer memiliki tanaman jenis tertentu yang belum terkenal, dan ternilai bagus, maka penonton cenderung menirunya.

Fenomena tokoh yang ditiru atau diikuti oleh banyak orang dan membuat barang menjadi memiliki nilai jual yang tinggi juga dikenal dengan sebutan trendsetter.

“Karena influencer memiliki tanaman, maka ia juga dapat mempromosikannya kepada masyarakat hingga tanaman itu jadi populer,” ujarnya.

Adanya suatu tanaman yang menjadi populer itu bergantung pada trendsetter yang ahli dalam mempromosikan barang.

Maka tidak heran jika tanaman hias jenis tertentu menjadi barang yang populer secara musiman saja.

Pinter-pinternya trendsetter, karena dia bisa menangkap momentum ini, dia berpikir apakah orang-orang bakal tertarik atau tidak jika ia mengenalkan suatu produk atau barang tertentu.

Monstera masih populer

Saat ini, tanaman hias yang sempat dan masih populer yakni jenis monstera dan ketapang biola.

Menurutnya, popularitas jenis tanaman hias bersifat musiman saja.

Harga Tanaman Hias Bisa Sangat Mahal, Ini Alasannya

Jadi, kalau popularitas tanaman hias itu musiman, ya misalnya dulu sempat terkenal jenis tanaman anthorium, ada gelombang cinta, corong, dan lainnya, harganya pun mahal.

Adapun tanaman hias yang populer sejak akhir 2020 hingga saat ini, jenisnya adalah monstera atau janda bolong.

Namun, tanaman yang tergolong monstera atau janda bolong ini, ada pula yang harganya jatuh dan tidak menjadi mahal lagi.

Harganya bisa naik bisa tenggelam lagi, karena tanaman hias itu kan banyak, ada yang berukuran besar, ada juga yang kecil jenisnya.

Di sisi lain, masyarakat agar jeli dan skeptis dalam melihat suatu tren.

Apabila ada orang yang menjual tanaman hias sampai dengan harga puluhan bahkan ratusan juta, maka perlu untuk mempertimbangkan, apakah layak jika tanaman tersebut di beri harga fantastis.

Misalnya, tanaman monstera atau janda bolong, ternamakan janda bolong itu berasal dari kata ‘rondo bolong’, rondo itu artinya daun, jadi maknanya daun yang bolong.

Baca juga: Penjelasan Ilmuwan Kapan Matahari Mati

Bijak dalam memilih tanaman hias

Tanaman janda bolong termasuk mudah untuk merawatnya, dan tidak memerlukan teknik tertentu.

Sebenarnya kan tanaman itu makhluk hidup biasa, bisa di kembangbiakan, bisa di perbarui, di stek atau dari batang anakan juga bisa tumbuh.

Oleh karena itu, masyarakat juga perlu paham bagaimana tanaman hias yang hendak di peliharanya itu tumbuh dan apakah memerlukan penanganan khusus atau tidak.

Selain itu, jika suatu jenis tanaman betul-betul disukai, ada juga orang-orang tertentu yang secara emosional dan bermain di kalangan tertentu juga.

Artinya, suatu tanaman hias itu dapat populerkan di kalangan yang tertentu saja, hingga membuat orang lain ikut-ikutan untuk membeli dengan harga berapa pun.

Orang yang ikut-ikutan ini harusnya berpikir jernih, karena tanaman itu bisa di-stek ya, dipotong, ditanam sudah tumbuh lagi.

Sayangnya, banyak orang enggak paham, tahunya terima, beli bagus, senang, mahal ya tidak mengapa.

Hal inilah yang sebaiknya terhindari agar kita dapat bijak dalam memilih dan membeli tanaman hias.

Harga naik karena tingginya permintaan

Sementara itu, salah satu penjual tanaman hias yang sudah menembus pasar ekspor, Mas Ayu Febriyanto mengatakan, tingginya permintaan dan terbatasnya stok tanaman hias tertentu bisa membuat harganya melambung tinggi.

Harga Tanaman Hias Bisa Sangat Mahal, Ini Alasannya

Selain itu, alasan lainnya adalah kualitas dari tanaman hias itu sendiri.

Tampilan tanaman hias yang tampak lebih sehat dan warna yang lebih bagus, maka bisa membuat harganya terbanderol dengan sangat tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *