BERITA KESEHATAN BERITA UNIK

Kok Bisa Makanan Berpengaruh Besar pada Mood ?

Kok Bisa Makanan Berpengaruh Besar pada Mood ?

KORANPALAPA, Kok Bisa Makanan Berpengaruh Besar pada Mood ? Ini telah menjadi pemahaman umum jika makanan dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Perasaan sedih dan ketidaknyamanan biasanya dapat langsung hilang secara instan saat makan makanan favorit.
Bahkan, hubungan antara makanan dan mood membuktikan tidak hanya sekedar kepercayaan semata.

Makanan dan nutrisi tertentu membantu otak Anda membuat bahan kimia yang dapat mempengaruhi suasana hati, perhatian dan fokus, sementara makanan lain dapat menguras energi mereka.

Untuk meningkatkan suasana hati, kami disarankan untuk menggabungkan karbohidrat kompleks dengan protein tanpa lemak dan makanan kaya warna.

Sumber karbohidrat kompleks, seperti ubi jalar, gandum utuh, kacang-kacangan dan quinoa. Makanan-makanan ini dapat meningkatkan kadar serotonin kimia di otak yang membuat kita merasa lebih bahagia.

Sementara protein seperti ikan, daging sapi, ayam, kalkun, tahu, kacang-kacangan, telur dan yogurt, tanpa pemanis, dapat meningkatkan dopamin dan norepinefrin.

Keduanya adalah bahan kimia di otak yang memainkan peran dalam pembentukan suasana hati, motivasi dan konsentrasi kita.

Baca juga : Jenis Penyebab dan Penanganan Tremor

Sayuran dan buah-buahan berwarna-warni kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang menyehatkan tubuh dan telah terbukti meningkatkan kebahagiaan.

Kombinasi makanan mengandung nutrisi bermanfaat yang mencakup lemak dan serat sehat yang diperlukan oleh tubuh. Fungsinya termasuk menjaga stabilitas kadar gula darah setelah makan, yang telah dikaitkan dengan suasana hati yang lebih baik dan kontrol kecemasan.

Diet Mediterania telah menerima perhatian yang signifikan untuk mengurangi gejala depresi, dengan komponen utama yang meningkatkan asupan sayuran, buah, ikan kaya omega-3, kacang-kacangan dan minyak zaitun.

Beberapa nutrisi penting juga dapat meningkatkan suasana hati, seperti asam folat, zat besi, zinc, kalium, magnesium, vitamin A dan vitamin C.

Kok Bisa Makanan Berpengaruh Besar pada Mood ?

Makanan yang memiliki dampak buruk pada Suasana Hati.

Kebiasaan konsumsi makanan tidak sehat jangka panjang dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. Bahkan, kecukupan nutrisi sangat erat kaitannya dengan pembentukan suasana hati yang positif.

Kami sarankan agar menghindari makanan yang tidak sehat karena dapat membuat kita merasa terkuras secara mental.

Beberapa makanan dengan nilai gizi rendah dapat memberi Anda peningkatan energi cepat, tetapi dapat membuat Anda memiliki energi dan suasana hati yang rendah di kemudian hari.
Beberapa jenis makanan harus dihindari, seperti makanan berbasis tepung, seperti roti, kerupuk, dan kue-kue panggang manis.

Jauhi makanan dan minuman yang terbuat dari pemanis atau gula, seperti soda dan cookies.

Menjaga asupan menjadi lebih sehat untuk menikmati keadaan pikiran yang lebih positif dan berenergi.

Hanya hasilnya tidak akan terasa dalam waktu singkat secara instan. Tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi selama dua atau tiga minggu untuk merasakan perubahan humor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *