BERITA KESEHATAN BERITA UNIK

Bagaimana Hand Sanitizer Bisa Merusak Kesehatan Anda

Bagaimana Hand Sanitizer Bisa Merusak Kesehatan Anda

KORANPALAPA, Bagaimana Hand Sanitizer Bisa Merusak Kesehatan Anda. Hand Sanitizer adalah salah satu produk yang paling dicari dan dimanfaatkan saat ini selama masa pademi. Setiap beberapa menit, terutama saat berada di depan umum, orang-orang di seluruh dunia menyemprot Hand Sanitizer.

Tetapi karena kita terus menggunakan, dan mungkin terlalu sering menggunakan, produk penting ini selama masa-masa sulit ini, seberapa banyak yang kita ketahui tentang Hand Sanitizer dan pengaruhnya terhadap tubuh kita?

Ini mungkin membunuh kuman secara topikal, tetapi apakah itu memiliki efek pada tubuh Anda secara internal? Mari kita telusuri kegemaran menjaga kebersihan saat ini dan bagaimana Hand Sanitizer sebenarnya bisa merusak kesehatan Anda.

Bagaimana Hand Sanitizer Bisa Merusak Kesehatan Anda

Bisakah terlalu banyak hal baik berdampak buruk bagi Anda?

Di seluruh dunia, permintaan hand sanitizer meningkat pesat.

Orang-orang pada umumnya menjadi lebih bertengkar tentang kebersihan pribadi mereka dan bagaimana berada di dekat orang lain mempengaruhi dan memicu penyebaran kuman.

Ini semua terdengar seperti kita bergerak ke arah yang benar, dengan pengecualian satu masalah: terlalu banyak hal baik sebenarnya bisa berdampak buruk bagi Anda.

Mungkin saja menggunakan Hand Sanitizer secara berlebihan, dan sebenarnya membahayakan kesehatan Anda.

Seberapa seriuskah penggunaan Hand Sanitizer yang berlebihan?

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan disinfektan yang berlebihan untuk kulit seperti hand sanitizer sebenarnya dapat membunuh bakteri jahat dan juga bakteri baik.

Ini karena pembersih tangan dapat mengganggu seluruh mikrobioma dan komunitas bakteri, yang merupakan pertahanan utama yang membuat pengguna aman dari sakit.

Bagaimana Hand Sanitizer Bisa Merusak Kesehatan Anda

Tanpa bakteri baik, kita perlu menjaga keseimbangan pelindung yang sehat, sistem fisik kita lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi.

Baca juga : 8 Fakta Semangka yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Jadi, berapa banyak hand sanitizer yang harus kita gunakan?

Disarankan bahwa jika memungkinkan, mencuci tangan sebenarnya merupakan garis pertahanan terbaik melawan kuman jahat, karena tidak membunuh kuman baik seperti yang dilakukan hand sanitizer. Pakar terkemuka mengatakan bahwa jika memungkinkan, kita tidak boleh menggunakan hand sanitizer setiap hari. Jika tidak berinteraksi langsung dengan masyarakat, hand sanitizer harus menjadi pilihan kedua setelah mencuci tangan.

Apa yang terjadi jika kita menggunakan hand sanitizer setiap hari?

Penggunaan hand sanitizer yang berlebihan sebenarnya dapat menciptakan lebih banyak kondisi yang ditulari bakteri jahat daripada membunuh.

“Menurut CDC, hand sanitizer dengan bahan antibakteri juga dapat berkontribusi pada pengembangan bakteri yang kebal antibiotik,” kata ahli penyakit dalam Seema Sarin.

Bagaimana Hand Sanitizer Bisa Merusak Kesehatan Anda

Ini bukanlah situasi yang baik, terutama saat mencoba melawan infeksi.

Yang lebih mengkhawatirkan tentang hand sanitizer adalah bahwa ini tidak seefektif yang kita semua yakini. Sementara CDC mempertahankan bahwa ini efektif dalam membunuh kuman, hand sanitizer bukanlah penampung semua bakteri.

Perhatian lebih lanjut adalah kurangnya regulasi pada semua perusahaan yang memproduksi hand sanitizer. Banyak produk pembersih yang mengklaim dapat membunuh kuman belum dievaluasi oleh FDA, sehingga produk mereka tidak sepenuhnya dapat dipercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *