BERITA KESEHATAN BERITA UNIK BERITA VIRAL

Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Atasi Radang Tenggorokan

Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Atasi Radang Tenggorokan

Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Atasi Radang Tenggorokan

KORANPALAPAAir Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Atasi Radang Tenggorokan.Daun sirih adalah tanaman yang tumbuh merambat dan kaya khasiat. Apalagi jika daun sirih ini direbus, muncullah sifat betlephenol, chavicol, antioksidan, fungisida, dan masih banyak lagi lainnya. Tak heran jika ada banyak manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan, yang bisa diandalkan untuk pengobatan. 

Jika membicarakan manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan, sebenarnya sudah lama ada sejak awal peradaban. Tepatnya digunakan oleh negara India sebagai obat alternatif sejak 400 SM. Sampai kini, semakin banyak dibudidayakan di negara Afrika, Filipina, hingga Srilanka.

Diabetes

POKERPALAPA – Manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan ini bisa atasi masalah diabetes. Air rebusannya efektif menurunkan kadar glukosa darah. Terutama pada daun sirih merah yang mengandung tanin yang memiliki sifat antidiabetes. Alkaloid dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat penyerapan glukosa pada usus kita.

Tak hanya kedua kandungan itu, ada juga polifenol yang bisa berperan sebagai antioksidan alami. Molekul yang dimiliki daun sirih juga efektif melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan radikal bebas.

Jantung

Manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan ternyata bisa meringankan penyakit jantung. Hal ini disebabkan khasiatnya yang bisa turunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL atau lemak jahat. Bahkan daun sirih juga bisa diandalkan untuk mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

Bahaya dari kolesterol dan trigliserida tinggi tak hanya sebabkan penyakit jantung. Dampaknya bisa tingkatkan risiko kardiovaskular, hipertensi, dan stroke.

Batuk

Masalah batuk juga dapat diatasi dengan mengonsumsi ai rebusan daun sirih. Terutama air rebusan daun sirih merah. Manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan ini berasal dari kandungan antiseptik yang dimilikinya. Kandungan ini dapat membunuh bakteri penyebab batuk.

Selain antiseptik, air rebusan daun sirih juga mengandung vitamin B, C, dan alkaloid dapat meredakan peradangan di tenggorokan. Utamanya peradangan yang dapat menyebabkan batuk dan tenggorokan gatal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *