BERITA KESEHATAN TIPS & TRICK

5 Cara agar Tubuh Lebih Berenergi saat Bangun Tidur

KORANPALAPA – 5 Cara agar Tubuh Lebih Berenergi saat Bangun Tidur, Harusnya bangun tidur kita bersemangat dan berenergi, tetapi kadang yang terjadi sebaliknya, yaitu lemas dan tak bergairah. Kamu pernah mengalaminya? Penyebabnya beragam faktor, salah satunya karena gaya hidup yang tidak sehat.

Bangun tidur dengan kondisi lemas bikin kamu moody dan gampang lelah saat beraktivitas. Kondisi ini tentu membuat kita tidak nyaman. Tenang, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya tubuhmu berenergi, bebas lemas, saat bangun tidur. Simak sampai habis, ya!

1. Pola tidur Harus teratur

5 Cara agar Tubuh Lebih Berenergi saat Bangun Tidur

Jika kamu tidur dengan waktu yang berubah-ubah setiap harinya, coba ubah kebiasaan tidur, bentuklah pola tidur yang terjadwal setiap harinya, bahkan saat hari libur. Misalnya tidur jam 10 malam hingga jam 6 pagi.

Menurut keterangan dari National Sleep Foundation, pola tidur yang teratur akan membuat kita lebih mudah untuk tertidur pada malam hari dan terbangun pada pagi hari. Ini mungkin karena pola tidur teratur membuat tubuh seakan diprogram untuk bekerja sesuai siklusnya.

Bila siklus yang sudah berjalan rutin tersebut terhenti, maka tubuh kita akan kesulitan untuk bisa segera tidur dan bangun di pagi hari. Dengan kondisi pola tidur yang tidak teratur, bangun tidur menjadi kurang nyaman karena tidak sesuai dengan kebiasaanmu.

2. Duduk dan bernapas sejenak di tempat tidur

5 Cara agar Tubuh Lebih Berenergi saat Bangun Tidur

Saat bangun tidur, jangan langsung berdiri dan melanjutkan aktivitas. Duduklah sejenak dan atur pernapasanmu sekitar 2 menit.

Melansir Livestrong, saat tidur sistem pernapasan kita melambat. Dengan mengatur pernapasan saat bangun tidur, oksigen dalam paru-paru akan meningkat. Peningkatan oksigen akan meningkatkan energi, sehingga kita siap untuk memulai aktivitas. 

3. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar

5 Cara agar Tubuh Lebih Berenergi saat Bangun Tidur

Saat bangun tidur, bukalah jendela dan biarkan sinar matahari masuk ke dalam kamarmu. Rasakan hangatnya sinar matahari sejenak sambil mengatur pernapasanmu. Dengan adanya sinar matahari yang masuk ke dalam kamar, cahayanya akan menekan hormon melatonin yang membuat rasa kantuk masih menghinggapi kita saat bangun tidur.

Hal ini terjadi karena sinar matahari yang sampai di sel melanopsin pada mata mematikan hormon melatonin kita.

4. Olahraga ringan

5 Cara agar Tubuh Lebih Berenergi saat Bangun Tidur

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Fatigue tahun 2013, olahraga ringan akan membuat tubuh kita berenergi. Kamu bisa melakukan olahraga ringan saat bangun tidur agar peredaran darah lancar, sehingga oksigen meningkat ke seluruh tubuh dan otak kita.

5. Minum air putih

Saat tidur, tubuh kita tidak mendapatkan asupan air sama sekali. Setiap orang kehilangan sekitar 1 liter air pada saat tidur malam, tergantung pada kondisinya.

Melansir Livestrong, bangun dengan kondisi lemas disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi dan menyebabkan oksigen berkurang. Kondisi ini dikarenakan kurangnya asupan air yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke otak dan otot kita. Akibatnya, tubuh menjadi lemas dan kepala terasa pening karena kadar air yang kurang.

Maka dari itu, minumlah segelas air putih saat bangun tidur agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan punya kekuatan untuk melanjutkan aktivitas lainnya.

Itulah 5 Cara agar Tubuh Lebih Berenergi saat Bangun Tidur

Sumber : Agenpoker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *