ADUQ BANDAR POKER BANDAR66 TIPS & TRICK

Sumbu Simetri

PalapaQQ : Sumbu Simetri – Kita sering menemukan kesimetrisan pada benda-benda yang ada pada sekitar kita. Simetri seperti refleksi yang tepat atau bayangan cermin dari sebuah garis, bentuk, atau objek. Garis simetri dapat kita definisakan sebagai sumbu atau garis imajiner yang melewati pusat objek dan membaginya menjadi dua bagian yang identik. Bisa vertikal, horizontal atau diagonal. Bentuk dari simetri ini ada banyak, ada simetri lipat, putar, dan sumbu simetri.

BandarQ Menang Besar Di PalapaQQ Indonesia

Sumbu Simetri

Sumbu Simetri adalah garis yang membagi sebuah benda atau bentuk  menjadi dua bagian yang simetris sedemikian rupa sehingga akan terlihat bahwa benda di satu sisi akan serupa dengan bayangan cermin dari sisi yang lain. Garis ini bisa membagi benda menjadi 2 bagian, 4 bagian, dan seterusnya.

Sumbu Simetri Parabola

Grafik fungsi kuadrat akan berbentuk seperti parabola. Adalah garis vertikal yang membagi parabola menjadi dua bagian yang kongruen atau sama besar. Selalu melewati puncak parabola. Koordinat x dari puncak adalah persamaan sumbu simetri parabola. Kita dapat mengidentifikasi garis simetri secara grafis hanya dengan mencari titik terjauh dari kurva parabola. Ini disebut puncak, titik yang mana dua garis terhubung.

Jika parabola adalah sebuah bukit, titik paling tinggi pada bukit itu akan mewakili puncak parabola, atau jika parabola adalah sebuah lembah, titik paling rendah pada lembah tersebut akan mewakili puncak parabola. Namun, jika melalui fungsi kuadrat maka ada rumus yang harus kamu ketahui.

Rumus Simetri Parabola

Untuk fungsi kuadrat dalam bentuk standar, y = ax² + bx + c, sumbu simetrinya adalah garis vertikal 

Contoh Soal

Cari sumbu simetrinya dari grafik y = x² − 6x + 5

Solusi

Seperti yang sudah sampaikan, untuk fungsi kuadrat y = ax² + bx + c, sumbu simetrinya adalah garis vertikal

Dari grafik y = x² − 6x + 5, ketahui bahwa:

a = 1, b = −6 dan c = 5.

Maka, jika kita masukan ke dalam rumus akan menjadi

Seperti itulah pengertian dari sumbu simetri dan juga rumus untuk mencari sumbu tersebut dari grafik berbentuk parabola. Jika kamu tertarik untuk mempelajari materi mengenai sumbu ini atau berbagai macam bentuk materi lainnya, kamu bisa belajar bersama bimbel online Kelas Pintar. Ada juga untuk produk SOAL, yang berisi soal latihan ujian yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman kamu dengan berbagai macam soal yang ditanyakan. Dan ada juga fitur TANYA yang bisa menjawab berbagai pertanyaan mengenai soal atau materi yang belum dikuasai secara gratis lho, dan juga dijawab oleh guru profesional yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *