ADUQ POKER

Ini Lho Manfaat Melon untuk Kulit

POKERPALAPA : Ini Lho Manfaat Melon untuk Kulit – Sama seperti semangka, melon termasuk buah yang mengandung banyak air dengan rasa yang manis.

Dagingnya yang tebal dan rasanya yang manis, membuat melon sering pakai dalam berbagai campuran minuman, seperti es buah, sup buah, hingga jus.

Nah, tak hanya lidah, manfaat melon untuk kulit pun tak kalah manis! Apa saja manfaat melon untuk kulit itu? Simak ulasannya bawah ini.

Kandungan Gizi Buah Melon

Mengenal manfaatnya tentu tak lengkap tanpa mengetahui nutrisi yang terkandung dalam melon. Dalam secangkir buah melon yang sudah potong-potong dengan berat 177 gram, terdapat nutrisi, seperti:

  • Kalori = 64.
  • Karbohidrat = 16 gram.
  • Serat = 1,4 gram.
  • Protein = 1 gram.
  • Lemak = 0 gram.
  • Vitamin C = 53 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B6 = 8 persen dari kebutuhan harian.
  • Folat = 8 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin K = 6 persen dari kebutuhan harian.
  • Kalium = 12 persen dari kebutuhan harian.
  • Magnesium = 4 persen dari kebutuhan harian.

Daging buah dan bijinya juga mengandung antioksidan beta-karoten (pro-vitamin A), phytoene, quercetin, dan caffeic acid.

Apa Saja Manfaat Melon untuk Kulit?

Ada banyak jenis melon dunia, misalnya saja sky melon, yubari king, cantaloupe, cavaillonmelon golden, melon hijau (populer Indonesia), melon casaba, dan korean melon.

Kabar baiknya, dr. Arina Heidyana mengungkapkan semua jenis melon yang tadi sebutkan punya manfaat yang sama terhadap kulit. Anda pun tak perlu bersusah payah untuk mencari satu atau dua jenis melon tertentu. 

“Manfaat melon untuk kulit bisa dapat dari semua jenis melon. Sejumlah kebaikan yang berikan buah yang satu itu terhadap kulit antara lain mencerahkan, mencegah penuaan dini, melindungi dari sinar matahari, dan masih banyak lagi,” jelas dr. Arina.

Untuk lebih detailnya, berikut manfaat melon untuk kesehatan kulit:

1. Mencegah Kerusakan dan Kerontokan Rambut 

Seperti yang sudah singgung atas, melon kaya akan vitamin C dan juga pro-vitamin A. Kedua vitamin tersebut sangat baik untuk memelihara kondisi kulit kepala dan rambut. 

Ketika pro-vitamin telah berubah menjadi vitamin A, dia akan mengontrol produksi sebum. Sedangkan vitamin C-nya akan memproduksi kolagen, sehingga struktur kulit dan rambut menjadi baik. 

Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi. Ketika kita kekurangan zat besi, rambut jadi mudah rontok.

Dengan mengonsumsi melon, asupan vitamin C jadi terpenuhi, zat besi terserap dengan lebih baik, dan kerontokan rambut bisa dicegah.

2. Melembapkan Tanpa Membuat Kulit Jadi Berminyak

Antioksidan yang terkandung dalam melon telah terbukti memperbaiki sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. 

Bonusnya lagi, nutrisi melon juga akan melembapkan kulit tanpa membuatnya berminyak. 

Agar manfaat melon untuk kulit semakin terasa, kombinasikan makanan yang mengandung vitamin A dan C ini dengan lemak sehat. Contoh lemak sehat adalah minyak zaitun, alpukat, ikan, atau kacang almon. 

3. Menghaluskan Kulit 

Kondisi kulit yang lembap tanpa minyak berlebih biasanya memiliki tekstur yang lebih halus.

Bila Anda mengonsumsi melon dalam jumlah cukup kombinasikan dengan makanan sehat lain, kulit akan terasa lembut dan bercahaya. 

4. Mencerahkan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C dalam melon termasuk tinggi. Hal ini membuktikan bahwa jenis vitamin yang satu itu tak cuma ada buah yang rasanya asam. 

Makan buah melon dapat membantu mencerahkan kulit serta memperlambat proses penuaan dini.

Kulit cerah tanpa garis-garis halus plus tanpa flek hitam bisa meningkatkan kepercayaan diri. 

5. Bantu Mengatasi Sunburn

Paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kulit terbakar serta munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti flek hitam dan keriput. 

Nah, vitamin C dalam melon mampu menghambat dan mencegah dua masalah kulit tersebut.

Manfaat melon untuk kulit, khususnya dalam mengatasi sunburn, akan lebih maksimal jika kombinasikan dengan buah yang mengandung vitamin E. Misalnya, Anda bisa makan kiwi, mangga, dan buah lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *