ADUQ BERITA UNIK

Cara Menjinakan Kelinci Agar Tidak Galak

POKERPALAPA : Cara Menjinakan Kelinci Agar Tidak Galak – Cara Menjinakan Kelinci Agar Tidak Galak. Kelinci telah kaitkan dengan manusia selama berabad-abad. Sejak awal mereka buru sebagai sumber makanan dan kemudian besarkan peternakan untuk ambil kulit dan dagingnya.

Saat ini kelinci adalah salah satu hewan peliharaan paling populer dunia. Tetapi sejarah kelinci sangat berkaitan dengan perilaku mereka saat ini. Salah satu masalah kelinci yang paling sering laporkan adalah agresi kelinci alias kelinci galak.Gambar kelinci | Cara Menjinakan Kelinci Agar Tidak Galak

Apakah kelinci Anda galak dan agresif terhadap kelinci lain? Apa yang menyebabkan agresi pada kelinci? Jika kelinci Anda agresif, apakah itu berarti dia stres? Teruslah membaca artikel ini karena kami akan menguraikan jawaban lengkapnya untuk Anda.

Agresi Kelinci: Sifat Kelinci Liar

Kelinci yang saat ini kita jadikan sebagai hewan peliharaan adalah keturunan dari kelinci biasa atau kelinci Eropa, Oryctolagus cuniculus, dan baru jinakkan pada abad ke-16.

Baik anatomi dan fisiologi kelinci rancang untuk menghindari pemangsaan karena mereka berada awal rantai makanan, belakang produsen utama dan/atau tanaman. Bagian otak kelinci yang berfokus pada persepsi bau, suara, dan gambar sangat berkembang. Sebagai contoh, mata dan telinga mereka berada sisi kepala, memungkinkan mereka untuk tetap sadar akan segala sesuatu sekitar, bahkan ketika mereka melakukan sesuatu yang lain seperti makan.

Selain memiliki penglihatan hampir 360┬░, kelinci juga lengkapi dengan indera penciuman yang sangat baik dan mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka menghirup udara untuk mendeteksi bau tertentu. Selain itu, mereka juga memiliki organ vomeronasal yang membantu mereka untuk membedakan feromon udara dari setiap hewan sejenis dan kerabatnya.

Ini adalah faktor yang sangat penting bila Anda memiliki dua kelompok anak kelinci yang berbeda dari dua ibu yang berbeda. Jika Anda mengumpulkan kelompok anak ini, ada kemungkinan tinggi terjadi infantisida alias pembunuhan bayi, jenis yang sangat umum dari agresi kelinci yang fatal.

Kelinci juga memiliki kaki yang sangat panjang yang memungkinkan mereka berlari dengan cepat jika ada ancaman. Namun kaki-kaki ini juga mendorong kelinci berkelahi, terutama ketika mereka merasa perlu untuk membangun hierarki dalam suatu kelompok. Tahukah Anda bahwa kelinci betina dewasa cenderung lebih teritorial dan agresif banding pejantan?

Perilaku agresif ini telah banyak pelajari dalam kelompok kelinci liar Eropa. Ada hierarki dominasi antara betina, dan secara terpisah, antara kelinci jantan. Ketika hierarki dominasi dirikan, terutama musim semi awal musim reproduksi, perkelahian ini bisa sangat intens. Namun selama musim reproduksi atau estrus (birahi), intensitasnya menurun.

Cara Menjinakan Kelinci Agar Tidak Galak, Agresi Kelinci Terhadap Kelinci Lainnya

Gambar kelinci lucu warna hitam dan putih

Idealnya, yang terbaik adalah menghadirkan dua kelinci sebelum mereka mencapai kematangan seksual. Ini karena sebagian besar masalah agresi pada kelinci hanya terjadi setelah masa pubertas. Tapi bagaimana cara Anda memperkenalkan dua kelinci?

Cara memperkenalkan dua kelinci Supaya Jinak dan Tidak Galak

Ada beberapa metode yang dapat gunakan saat memperkenalkan kelinci. Sini kami menyajikan metode sosialisasi kelinci yang paling aman dan paling tidak membuat stres.

Sosialisasi kelinci ini harus lakukan ruangan netral, suatu tempat mana kelinci belum pernah berada sana. Tempatkan kedua kandang samping satu sama lain. Dengan cara ini, sedikit demi sedikit kelinci akan memiliki kesempatan untuk saling terbiasa dengan aroma masing-masing. Setelah beberapa hari, Anda bisa mulai menukar kelinci dengan meletakkannya kandang yang lain, tetapi tidak secara bersamaan.

Jika Anda telah melakukan ini beberapa kali dan kelinci Anda tidak menunjukkan gejala stres, Anda dapat membiarkan kelinci keluar dari kandangnya secara bergantian. Setelah beberapa hari, Anda dapat membuka kedua kandang dan membiarkan kelinci berinteraksi dengan bebas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *